Jumat, 05 November 2010

JEMBATAN KELEDAI PENGAJARAN SEJARAH

sks = Singkatan Kosa Kata Sejarah
Jembatan Keledai atau Mnemonik adalah salah satu cara belajar kognitif yang sudah lama dikenal. Jembatan Keledai digunakan untuk mengingat konsep-konsep penting dalam semua mata pelajaran. Mengingat konsep dengan jembatan keledai sangat efektif, karena dengan jembatan keledai seseorang dapat mengingat suatu pengetahuan untuk jangka waktu yang lama.
Jembatan keledai pada dasarnya membantu otak agar mudah mengingat. Intinya otak manusia selalu mengingat peristiwa, kalimat atau kata yang memiliki makna atau kesan. Setiap yang bermakna pasti berkesan, dan setiap yang berkesan akan sulit dilupakan.
Jembatan keledai adalah salah satu metode belajar cepat dalam mengingat materi pelajaran. Caranya, guru tinggal merangkum materi-materi penting yang harus diingat siswa ke dalam sebuah kata atau struktur kalimat yang bermakna. Otak kita akan mengidentifikasi kalimat tersebut sebagai jembatan pikiran untuk mengingat konsep-konsep penting yang harus diingat.
1. Markas Pangeran Diponegoro yang berperang melawan Belanda pada 1825-1830 adalah Selarong, Tegalrejo, Plered, Dekso dan Pengasih. Markas tersebut dapat disingkat STPDP.
2. Tiga tokoh yang hasil karyanya mendorong terjadinya Revolusi Prancis adalah Montesquieu, Voltaire, JJ. Rosseau. Tiga tokoh tersebut dapat disingkat menjadi MOVORO.
3. Trilogi Van Deventeer yang merupakan isi dari Politik Etika terdiri dari Edukasi, Irigasi dan Emigrasi, dapat disingkat menjadi EDI EMI. Atau juga EMI IRI yag artinya Edukasi, Migrasi dan Irigasi.
4. San Min Chu I, ajaran dr. Sun Yat Sen yang melandasi gerakan kebangsaan di China terdiri dari Nasionalisme, Demokrasi dan Sosialisme, disingkat NASI DESO.
5. Lima tokoh KAA yang terdiri dari Mohamad Ali, Ali Sastroamijoyo, Jawaharlal Nehru, Unu, Sir John Kotelawala, dapat disingkat menjadi MOH ALI JAWA USIR JOHN.
6. Urutan Presiden RI terdiri dari Soekarno, Soeharto, Habibi, Gus Dur, Megawati, SBY dapat diringkas menjadi ONO ARTO HANGUS MEGA YUDHO.
7. Masa prasejarah dibagi menjadi Masa Berburu dan meramu, Masa Bercocok Tanam, dan Masa Perundagian, disingkat menjadi MAS BURAM, MAS CONAM, MAS DAGIAN.
8. Kasta dalam agama Hindu terdiri dari Brahmana, Kesatria, Waisya, Sudra disingkat menjadi BH KESWARA.
9. Untuk mempermudah pemahaman bahwa kota di Jepang di bom atom sekutu tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus 1945, yaitu kota Hiroshima dan Nagasaki, maka dapat dilihat pada huruf pertama nama kota yaitu H dan N. H lebih dulu disebut, sehingga yang dibom tannggal 6 Agustus 1945 adalah Hiroshima.
10. Untuk menghafal nama-nama pahlawan revolusi maka digunakan YANI LAN PRAPTO PARNO NJAIT SUPIER (Akhmad Yani, Suprapto, Parman, MT Haryono, Panjaitan, Sutoyo, Piere Tendean).
11. NASAKOM adalah Nasionalis, Agama, Komunis.
12. Nama-nama Kerajaan Tertua di Mesir adalah Mesir, Nubia, Menemutara, Kartago, Ethiopia dapat disingkat menjadi MENUMEN KARET.
13. Kitab agama Budha terdiri dari Vinayapitaka yang berisi cara hidup, Sutrantapitaka yang berisi wejangan dan Abdidharmapitaka yang berisi aturan agama dapat dimudahkan menjadi Vina SutAbidharma = cara hidup/wejangan/agama.
14. Untuk mengingat tokoh yang mengetik teks proklamasi maka dapat disebut Sayuti Melik, menjadi Sayuti Mengetik.
15. Untuk membedakan candi Budha atau Hindu, apakah itu Prambanan atau Borobudur, maka dapat dilihat huruf pertama pada candi itu yaitu P dan B. yang B berarti Budha, yang bukan Budha berarti Hindu.
16. Urutan perubahan nama TNI dari BKR, TKR, TRI, TNI, ABRI, TNI, maka pada berpatokan pada TRI dibaca Tri yang berarti urutan ketiga, didepannya apakah BKR atau TKR dapat dilihat pada huruf pertama B dan K,B yang dulu, sedangkan TNI adalah nama di antara ABRI, dan TNI adalah nama sekarang.
17. BUBUR LOKA adalah Bhurloka, Bhuarloka, Swarloka merupakan kaki candi, tubuh candi dan kepala candi Hindu.
18. Gerakan Tiga A Jepang disingkat CAPUNG yang berarti Cahaya, Pemimpin dan Pelindung Asia.
19. Mahatma Gandhi terkenal dengan perjuangannya yang damai dalam melawan Inggris. Program perjuangan tersebut terkenal dengan singkatan DESI SETIA SAMA HARTA yang artinya Swadeshi, Setyagraha, Ahimsa dan Hartal.
20. Organisasi kebangsaan yang berdiri setelah Sumpah Pemuda terdiri dari Parindra, Gerindra dan GAPI disingkat PAGER API.
21. Prasasti yang merupakan sumber sejarah Kerajaan Sriwijaya disingkat menjadi BILANG KOTEKA yang artinya Karang Birahi, Talang Tuo, Kota Kapur, Telaga Batu, Kedukan Bukit.
22. Golongan masyarakat pada masa Kerajaan Pejajaran terdiri dari Seniman, Petani, Pedagang dan golongan jahat, disingkat menjadi SEPEDA JAHAT.
23. Politik merkantilisme terdiri dari politik kolonial, uang, tarif, perkapalan dan penduduk disingkat menjadi KUTIPP.
24. Peninggalan tradisi Megalitikum disingkat menjadi Den Caca Kabur yang berarti Dolmen, Menhir, Arca-Arca, Kubur Batu.
25. PITER MENUJU VENUS yang merupakan dewa-dewa bangsa Romawi yaitu Yupiter, Minerva, Neptunus, Juno dan Venus.
26. Isi Trikora 19 Desember 1961 terdiri dari Mobilisasi Umum, Kibarkan bendera dan gagalkan Negara boneka, dapat dipermudah menjadi MOBIL BERBENDERA BONEKA.
27. Kegunaan sejarah adalah lebih arif dan bijaksana, pengetahuan, memberi ilham dan kesenangan dapat mengingatnya dengan mudah yaitu ARIF TAHU ILHAM SENANG.
28. Cara untuk mengetahui peninggalan sejarah budaya digunakan tiga cara yaitu Tipologi, Stratigrafi dan Kimiawi yang disingkat mengjadi TIPO TRAKTIR MIA.
29. Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dapat disingkat menjadi BUBAR BENTUK KEMBALI yang artinya Pembubaran badan Konstituante, Bentuk MPRS dan DPAS, Kembali ke UUD 1945.
30. Masyarakat dalam agama Budha terdiri dari Upasaka-Upasika dan Biksu Biksuni yang disingkat UBI.
31. Sumber Sejarah berdasarkan wujudnya terdiri dari Lisan, Tertulis, benda dan rekaman yang disingkat LILIS DAMAN.
32. Trias Politika Montesquieu yang terdiri dari Yudikatif, Eksekutif dan Legislatif disingkat YEL.
33. Politik Etika yaitu 3 Si dan 3P adalah Edukasi, Irigasi dan Emigrasi serta Pengajaran, pengairan, perpindahan Penduduk.
34. Raja Mataram Kuno setelah Rakai Pikatan yaitau KAWA DIDAWA yaitu Kayuwangi, Watuhumalang, Diah Balitung, dan Wawa.
35. WIJAYA TRIBUHAWA yang artinya Raden Wijaya, Jayanegara, Tribuana, Hayam Wuruk, Wardhana.
36. KARA artinya Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.
37. PAUT artinya Patah, Pati Unus, Trenggono.
38. NOTA KASUR artinya Sukarno, Hatta, Ki Hajardewantara, Mansur merupakan Empat Serangkai pemimmin PUTERA. Atau juga dapat disingkat menjadi MASUHAKI artinya Mansur, Sukarno, Hatta dan Ki Hajar Dewantara.
39. Dedek Mangku Susu artinya Tiga Seranngkai Pemimpin Indische Partij yang terdiri dari Deuwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, Suwardi Suryaningrat. Atau Dekker Sumo Ningrat artinya Deuwes Dekker, Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat.
40. Triple Entente adalah PIR (Perancis, Inggris, Rusia) dan Triple Alliance JAHIT (Jerman, Austria, Hongaria, Italia).
41. Kegunaan Sejarah yaitu Rekreatif, Inspiratif, Instruktif dan Edukatif yang disingkat Refin itu AKTIF).
42. ABAS adalah anggota KTN yaitu Australia, Belgia dan AS.
43. PAK DONI DI KAMAR artinya Pakistan, Indonesia, India, Srilangka, Mianmar.
44. PAK BANDI NEMPEL BU SRI artinya Pakistan, Banglades, India, Nepal, Butan, Srilangka.
45. MENDOL PUN KUWASA artinya Menhir, Dolmen, Punden Berundak, Kubur batu, Waruga.
46. Saluran penyebaran Islam adalah BUDI KADANG PENTAS artinya melalui saluran budaya, perkawinan, perdagangan, pendidikan, tasawuf, seni.
47. Peninggalan kebudayaan Pacitan terdiri dari kapak genggam dan kapak perimbas dan alat serpih, sedangkan kebudayaan Ngandong meninggalkan benda kapak genggam dan alat dari tulang dan tanduk disingkat Panci Gambass, Ngagem Tunduk.
48. KUASMU artinya Kudungga, Aswawarman, Mulawarman.
49. TEMPERUSI artinya Tembaga, Perunggu dan Besi.
50. Ada tiga kegiatan utama dalam bidang ekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi yag disingkat PRODISKON.
51. ROK PATI JAYA ANA artinya Ken Arok, Anusapati, Tohjaya, Wisnuwarhana adalah raja-raja Kerajaan Singosari.
52. KASEP artinya musim kemarau yaitu bulan April – September, Humor artinya Hujan Oktober Maret.
53. Bulan yang berhari 30 disingkat AJUSENO artinya April, Juni, September, Nopember.
54. Motif Ekonomi pada prakteknya adalah motiv social, penghargaan, kekuasaan, kebutuhan, keuntugan yang disingkat SIAL HARGA KUAS BUNTUNG.
55. HA. SUMANTORO artinya Hatta, Sukarno, Mansur dan Ki Hajar Dewantoro.
56. SUDIRO artinya Sukarni, BM. Diah dan Sudiro merupakan tokoh yang menyaksikan penyusunan teks proklamasi.
57. PRESENTER artinta Primer, Sekunder dan tersier merupakan sumber sejarah menurut keshahihannya.
58. PREMAN BENGIS PONYOL artinya Perancis, Jerman, Belgia, Inggris, Portugis dn Spanyol merupakan Negara-negara yang pernah menjajah di Afrika.
59. Pembagian masa pada jaman prasejarah terdiri dari Azoikum, Palaeozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum disingkat APAMENEO.
60. Para filsuf Yunani yang terkenal antara lain Plato, Socrates, Hipocrates, Aristoteles dapat disingkat PLASOHIA.
61. Utomo dapat untuk mengingat organisasi pertama sekaligus pendirinya.
62. Membedakan antara mortalitias dan natalitas, maka gunakan huruf pertama pada kata mortaliitas yaitu M, yang sama dengan huruf pertama mati, berarti mortalitas adalah kematian, sedangkan natalitas ingatlah Hari natal.
63. Ciri-ciri folklor yaitu dari mulut ke mulut, tersebar disuatu daerah, banyak versinya, mengandung pesan moral, tidak ada yang menciptakan. Kata unci untuk mengingatnya adalah MUDA VEMO TIDAK MENCIPTA.
64. Manusia dan peninggalan pada masa pleitosen tengah adalah Pitecantropus erectus dan Pitenkantropus Soloensis dengan peninggalannya Kapak perimbas dan serpih. Dapat disingkat PITER PISO PARIS.
65. Karno Suka BIBI Wahid, Putri SBY.
66. Raja Narsis Mantu Adam, tokoh ASEAN.
67. SERSAN MUDA artinya Seinendan adalah merupakan Barisan Muda.
68. Untuk mengingat para pendiri ASEAN kita dapat mempermudah dengan melihat suku kata/huruf terakhir dari Negara-negara pendirinya seperti Indonesia, berarti utusannya Adam Malik, Singapura, berarti Rajaratnam, Filiphina berarti Narsisco Ramos, tetapi utuk dua Negara lain berbeda,, Thailand kita mengambil suku kata pertama Thanat Khoman, sedangkan yang belum disebut adalah dari Malaysia, yaitu Tun Abdul Razak.
69. Manipol USDEK artinya Manivesto, Politik, UUD 1945, Sosialisme Ala Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin dan Kepribadian Indonesia. Manpol USDEK merupakan dasar demokrasi Terpimpin yang merupakan konsepsi Presiden Sukarno yang disampaikan pada 17 Agustus 1959.
70. Dokuritsu Jumbi Cosakai dan Dokuritsu Jumbi Iinkai yang merupakan nama lain dari BPU PKI adalah yang lebih panjang yaitu Dokuritsu Jumbi Cosakai.
71. Liga Prancis adalah Bebas Sama Saudara artinya Liberte berarti kebebasan, Egalite berarti persamaan dan Fraternity adalah persaudaraan.
72. PEDE GILA artinmya Perestroika, Demokratizatsia dan Glasnots, merupakan ide dari Michaael Gorbachev dalam reformasi di Uni Soviet.
73. DINDA ANIROH merupakan Dinamisme berarti benda yang mempunyai kekuatan gaib, dan Animisme berarti roh-roh nenek moyang.
74. Syarat Negara dikatakan berdaulat apabila memiliki pemerintahan, wilayah, rakyat, tujuan Negara, pengakuan dari Negara lain, yang dapat disingkat menjadi PERWIRA TUANKU.
75. MANOHARA adalah Mansur, Sukarno, Hatta dan Ki Hajar Dewantara yang merupakan Ketua PUTERA.
76. APAL MEN, artinya Arkaikum, Palaeozoikum, Mezozoikum dan Neozoikum, yaitu pembagian zaman berdasarkan geologi.
77. Nama-nama filsuf Yunani yang terkenal yaitu Sokrates, Aristoteles, Plato dan Hipokrates, dapat disingkat menjadi SAPHI
78. Sejarah merupakan peristiwa yang abadi, unik dan penting, dapat disingkat menjadi BUNTING. Atau juga dapat digunakan singkatan UAP artinya Unik, Abadi, penting.
79. Sumber sejarah secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu Lisan, Tulisan, Benda. Untuk mempermudahnya dapat disingkat LITUBEN
80. Tiga tokoh yang terlibat langsung dalam penyusunan teks proklamasi adalah Sukarno, Mohammad Hatta dan Akhmad Subarjo. Untuk mengingatnya digunakan singkatan SOEMOHARDJO.
81. Untuk mempermudah mengingat Sembilan tokoh Panitia 9 digunakan seingkatan YAMAHA WAS, artinya Yamin, Agus Salim, Maramis, Akhmad Subarjo, Hatta, Abikusno Cokrosujoso, Wakhid Hasyim, Abdul Kahar Muzakir, Soekarno.
82. Untuk mengingat lembaga internasonal yang berdiri setelah PD I dan II biasanya kesulitan apakah LBB atau PBB. Oleh karena itu untuk memudahkannya digunakan patokan huruf pertama nama lembaga yaitu L dan P, jadi LBB adalah lembaga yang berdiri setelah PD I.
83. TORAA adalah singkatan nama-nama dewa bangsa MEsir yaitu Thot, Osiris, Ra, Anubis dan Apis
84. ROBERTO MUSOHI artinya Roma, Berlin, Tokyo tokohnya Musolini, Hitler, Hirohito.
85. MAKIN MALAM KANDA atinya dalam mempelajari sejarah selalu terkait dengan Masa Kini, Masa Lampau dan masa yang akan datang.
86. JEJERI atau JEJELI artinya Jerman, Jepang Italia.
87. DUDA BUTRI artinya Hindu kitabnya Veda, Buda kitabnya Tripitaka.
88. SHARA artinya Sukarno, Hatta, Rajiman
89. EMOTO adalah singkatan bahwa sejarah dikataan sebagai ilmu apabila memenuhi syarat yaitu Empiris, Metode, Objek dan Teori.
90. Ciri suatu peristiwa dikatakan sebagai peristiwa sejarah adalah abadi, penting dan unik disingkat APIK
91. LIGANIT KEMESRAAN artinya Liberte, Egalite, Fraternite yang artinya Kemerdekaan, Persamaan dan Persaudaraan.
92. Trias Politika disingkat LEEK YUDI artinya Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif
93. JAMU RONDA artinya Jepang Romusha, Rodi Belanda.
94. KUASMU artinya Kudungga, Aswawarman, Mulawarman.
95. MANOHARA adalag Mansur, Sukarno, Hatta dan Ki Hajar Dewantara yang merupakan Ketua PUTERA.
96. DINDA ANIROH merupakan Dinamisme berarti benda yang mempunyai ekuatan gaiib, dan Animisme berarti roh-roh nenek moyang.
97. PRESENTER artinya Primer, Sekunder dan tersioer merupakan sumber sejarah menurut keshaihannya.
98. MENDOL PUN KUWASA artinya Menhir, Dolmen, Punden zBerundak, Kubur batu, Waruga.
99. Isi Trikora 19 Desember 1961 terdiri dari Mobilisasi Umum, Kibarkan bendera dan gagalkan Negara boneka, dapat dipermudah menjadi MOBIL BERBENDERA BONEKA.

1 komentar:

  1. Saya juga mau copy dan save ini diblog saya bu, sangat membantu saya dalam belajar sejarah :)

    BalasHapus